Belajar Bicara (Public Speaking)

Sudah bisa Bicara kok belajar lagi? Mengapa dan Buat Apa ?

Karena hidup ini memang tentang bicara. Keterampilan kita bicara masih selalu dapat ditingkatkan agar hidup kita lebih hidup. Dengan ketrampilan berbicara kita bisa LEBIH kaya kebahagiaan, kaya teman, kaya amal, kaya pergaulan, dihargai, dihormati, lebih pandai bernegosiasi, mempermudah dapat pekerjaan, sukses dalam bisnis, mengubah nasib, kita bisa membuka lebih banyak pintu rejeki, bahkan kaya raya 🙂 dan masih banyak lagi.

Banyak sekali kesempatan baik, peluang cemerlang, lowongan pekerjaan, kesempatan berbisnis, kesempatan untuk lebih dipercaya dan dihargai, peluang beramal dan berkontribusi yang selama ini kita lewatkan begitu saja hanya karena kita kurang pede, kurang berani, gerogi, tidak siap, takut dalam berbicara.

Derita Karena Tak Pandai Bicara…

Mungkin saja selama ini sebagian dari kita kurang mahir berbicara pada diri sendiri, kurang pede berbicara pada orang lain, sangat tidak percaya diri berbicara di depan orang banyak, bahkan tidak jarang kita lupa berbicara intensif pada Siapa Yang Menciptakan kita dan alam semesta beserta segala isinya ini? Kalau memang semua jawabnya adalah YA, maka pantas saja kita menderita, bisnis ngga sukses, gaji kurang mencukupi atau sulit dapat pekerjaan, pangkat ngga naik-naik, sering dianggap remeh dan disepelekan, dan sebagainya.

Saatnya kini kita berupaya lebih keras dan LEBIH NYATA untuk memperbaiki kemampuan kita berbicara dalam skala luas. Kali ini lebih khusus tentang berbicara di depan umum, berbicara di depan orang banyak, pidato, atau istilah kerennya Public Speaking.

Acara ini Gratis, dari kita untuk kita, dan pasti bermanfaat BESAR untuk Anda.

Bicara itu Luas Kawan 🙂

Bicara Pada Diri Sendiri

Itu kita lakukan hampir setiap saat. Misalnya ketika kita merencanakan sesuatu, menimbang-nimbang, memutuskan, berpikir, menilai, dsb. Pada kesempatan tersebut kita berbicara pada diri sendiri (self talk) terlebih dahulu, baru kemudian mungkin pada orang lain.

Ketika kita sangat pandai berbicara pada diri sendiri, maka punyalah kita rencana-rencana yang baik, harapan-harapan yang membuat kita tetap pengen hidup lebih hidup, rencana-rencana yang besar (dan mulia), cita-cita yang cemerlang yang mungkin dapat dicapai. Hasil pembicaraan pada diri sendiri yang bagus adalah juga merupakan bibit-bibit rejeki.

Bayangkan bila Anda tak mampu lagi berbicara pada diri sendiri, it is the end of your life! Right?

Pandai-pandailah berbicara dengan diri sendiri, lalu nikmatilah kehidupan yang lebih cemerlang.

Kesempatan untuk hal tersebut banyak sekali, dan Anda bisa melatih diri sendiri setiap saat, jadi tidak perlu lagi kita bikin acara praktek bareng. Bukan itu yang akan kita kerjakan bersama-sama dalam acara “Belajar Bicara” kali ini 🙂

Bicara Pada Orang Lain

Ini pun tak pernah lepas dari keseharian kita, baik di rumah, di sekolah, di tempat kerja, di warung, di terminal, di bis, dsb. Untuk urusan yang satu ini mungkin Anda adalah jagonya. Yes, orang-orang sukses umumnya punya ketrampilan yang baik dalam berbicara dengan orang lain, dengan siapa saja, dimana saja, kapan saja. Dan, BERHASIL.

Dengan berbicara pada orang lain, maka timbullah interaksi, kerjasama, perniagaan, bisnis, persaudaraan, proyek, pekerjaan, hubungan antar personal.

Ingat waktu wawancara kerja dulu? Yes, Anda bicara pada orang lain. Kalau tak pandai, mungkin masih belum kerja. Bagaimana berinteraksi dengan keluarga di rumah, dan kantor, sesama teman sekolah, dengan pacar, dsb? Semua perlu bicara. Lebih sip kalau pandai bicara dan berhasil bukan?

Rejeki Anda dari Sang Pemberi, mungkin dilewatkan melalui tangan orang lain satu demi satu, karena Anda bicara. Kalaupun ada, jarang sekali loh Anda memperoleh sesuatu (katakanlah rejeki, uang, beras, dsb) lewat orang lain yang tak pernah berkomunikasi dengan Anda. Betul?

Kesempatan untuk berbicara pada orang lain tersebut banyak sekali. Misalnya Anda merasa masih kurang efektif dalam hal ini, silahkan latih diri Anda sendiri dalam berbagai kesempatan. Bukan bicara seperti itu yang akan kita fokuskan dalam komunitas “Belajar Bicara” eBicara.com ini.

Berbicara Pada Banyak Orang (Berbicara di Depan Umum, atau Public Speaking)

ANDA pernah merasa begitu TAKUT, begitu grogi, begitu berkeringat dingin, lidah terasa kaku, begitu khawatir, begitu malu, begitu tidak percaya diri, begitu minder, begitu tidak siap untuk berbicara di depan umum pada suatu ACARA?

Sehingga Anda LARI dari hal itu, sehingga Anda menghindar, sehingga Anda tidak datang ke acara tersebut atau Anda masih datang tetapi acara yang menuntut Anda bicara di depan umum tersebut sudah selesai, hehe.. Sehingga Anda terhindar dari hal yang menakutkan tersebut untuk saat itu…

Padahal, kesempatan tersebut baik bagi Anda. Padahal, itu justru peluang bagi Anda untuk lebih dipercaya (bukan gila kepercayaan), padahal itu kesempatan bagus bagi Anda untuk lebih dihormati (bukan gila kehormatan), padahal itu kesempatan yang mulia bagi Anda untuk menyampaikan ide cemerlang Anda, padahal itu kesempatan Anda untuk menyampaikan hal penting yang Anda ingikan didengarkan oleh orang banyak…

Padahal acara tersebut merupakan kesempatan bagi Anda untuk presentasi. Padahal itu adalah kesempatan emas bagi Anda untuk mendapatkan proyek, padahal acara itu adalah peluang bagi Anda untuk medapatkan pekerjaan bergaji tinggi, padahal itu adalah kesempatan bagi Anda untuk mengubah hidup Anda menjadi jauh lebih baik…

Padahal kalau Anda tidak terlalu takut maka kesempatan itu sebenarnya punya potensi untuk membuat Anda kaya raya dengan cara yang baik, padahal itu mungkin kesempatan bagi Anda agar dapat menyelesaikan hutang-hutang yang menumpuk, padahal itu kesempatan bagi Anda untuk menjadi mentor (guru) yang baik, padahal kesempatan itu bagus bagi Anda untuk berdakwah, padahal kesempatan itu bagus bagi Anda untuk mendapatkan order dari pelanggan besar….

Padahal kesempatan itu bagus bagi Anda untuk mendapatkan beasiswa, padahal kesempatan itu bagus dan baik bagi Anda untuk terpilih menjadi kepala desa, padahal kalau pandai bicara di depan umum itu Anda bersedia menjadi ketua RT, padahal jika Anda pandai dan yakin bisa bicara di depan umum itu maka Anda bisa jadi satu diantara Anggota Dewan, padahal kesempatan di Acara diatas tadi bagus untuk memulai karier Anda sebagai seorang MC kondang…

Dan sebagainya…

Lalu…

Anda lewatkan begitu saja, Anda sia-siakan… karena Anda tidak berani berbicara di depan umum.. Sehingga kini Anda biasa-biasa saja, bahkan merasa semakin terpuruk dalam kegagalan…

Begitu TAKUT, begitu grogi, begitu berkeringat dingin, lidah terasa kaku, begitu khawatir, begitu malu, begitu tidak percaya diri, begitu minder, begitu tidak siap untuk berbicara di depan umum…

Misalnya Anda begitu, maka…

PERSIS, seperti itulah yang SAYA ALAMI!
Kita senasib bro, kita senasib sis!

Karena itu, Anda yang senasib dengan saya ini, saya ajak untuk BANGKIT, dan MENGHADAPI permasalahan itu, dan TIDAK LAGI LARI seperti sebelumnya.

Kita akan latihan bersama, membiasakan diri dalam suasana belajar, yuk belajar berbicara di depan orang banyak, agar kita terbiasa dan semoga karena terbiasa kita menjadi bisa. Kata nenek, bisa karena biasa.

Kalau Anda pandai bicara di depan umum serta juga menjadi tauladan dari apa yang Anda bicarakan maka mungkin sekali Anda akan menjadi jauh lebih KAYA dari Anda sebelum ini. Ya kaya teman, kaya kepercayaan diri, kaya amal, kaya kebahagiaan, dan biasanya kekayaan yang berbentuk HARTA pun akan mengikuti karena kita menjadi PANTAS.

Ketika Anda pandai berbicara di depan orang banyak, maka rejeki Anda pun mungkin sekali akan dilewatkan oleh Sang Pemberi tersebut sekaligus lewat lebih banyak orang, bukan lagi satu demi satu 🙂 Semoga ya..

Yes, berbicara di depan orang banyak atau Public Speaking inilah yang akan kita kerjakan bersama, kita pelajari bersama dan kita praktekkan bersama dalam komunitas “Belajar Bicara” kali ini.

Bagaimana Acaranya?

Sekilas Acara Public Speaking

Kita ngumpul bareng misalnya 20 orang, di tempat yg kita sepakati. Untuk saat ini masih di Ruko Gardin 20 Perum Kahuripan Nirwana Sidoarjo.

Lalu apa?

Satu persatu kita giliran tampil dan bicara di depan, yang lain mendengarkan dan mengamati.

Tema nya apa? Membicarakan apa?

Boleh topik yang Anda pilih sendiri, boleh juga membicarakan bisnis yang ingin Anda tawarkan, atau sekali waktu kita tentukan topiknya agar seragam.

Agar tidak terjadi dominasi waktu, misalnya si Anu kelamaan bicaranya dan yang lain tidak kebagian maka kita sepakati misalnya masing2 diberi waktu 5 menit.

Kasian toh kalo misalnya si A nyerocos bicara terus dan yang lain merasa ngga kebagian waktu atau bahkan merasa datang lalu seperti dijebak hanya untuk dengerin si Anu. Right?

Kalau Anda ternyata ingin tukar kartu nama, ingin berbagi info tentang dagangan Anda, ingin tanya si Anu hidupnya bagaimana, dsb maka tentu saja itu boleh. Itu kan namanyan kehidupan. Right?

Kita akan latihan, belajar berbicara di depan orang banyak, agar kita terbiasa dan semoga karena terbiasa kita menjadi bisa. Kata nenek, bisa karena biasa.

Kalau Anda pandai bicara di depan umum serta juga menjadi tauladan dari apa yang Anda bicarakan maka mungkin sekali Anda akan menjadi jauh lebih KAYA dari Anda sebelum ini. Ya kaya teman, kaya kepercayaan diri, kaya amal, kaya kebahagiaan, dan biasanya kekayaan yang berbentuk HARTA pun akan mengikuti karena kita menjadi PANTAS.

Saya belum pandai bicara di depan umum. Karena itu saya ingin belajar, bersama-sama dengan Anda semua teman-teman saya.

Kapan Acaranya? Dimana?

Baca disini: Jadwal Acara

EEiitts!,
Acara BEJO bukan hanya Belajar Bicara loh ya, masih ada yang lain.

Baca disini: Sekilas Semua Acara

Berbicara Pada Sang Pemberi Keberhasilan

Yang satu ini tentu saja sudah intens Anda lakukan. Atau belum? hehe.. Silahkan mulai saja jika memang rasanya masih sangat kurang. Karena Yang Memberhasilkan itu memang Sang Pemberi Keberhasilan itu, Sang Pemberi Rejeki, Sang Pemberi Keberuntungan. Kita hanya menempuh prosesnya, dan tak punya kuasa 100 persen akan hasil-hasil.

Kalau Anda pandai sekali berbicara padaNya, saya yakin Dia akan lebih banyak turut campur menciptakan keajaiban-keajaiban besar untuk Anda. Semoga…

Jadi…

Hidup Ini Memang Tentang Bicara

Yes bicara pada diri sendiri, Ya bicara pada orang lain, Ya juga bicara di depan orang banyak, dan Yes juga biaranya padaNya.

Ketika kita PANDAI berbicara dalam lingkup diatas, serta juga tidak hanya bicara saja melainkan menjadi tauladan dari apa yang kita bicarakan maka kecemerlangan dan KEBERHASILAN jangka pendek dan jangka panjang semoga selalu menyertai Anda 🙂

Bagaimana Acaranya?
Silahkan baca ini: Sekilas Acara

Group di Facebook:
Untuk koordinasi tentang tempat dan waktu acara kita ya: Facebook

Facebook saya: Mufli Sidoarjo

Silahkan tambahkan saya sebagai teman Anda agar lebih mudah saya invite Anda ke group untuk koordinasi.

Best Regards
Mufli
HP: +6281331550089
WA: +6281331550089
BB: 51E8F6AE
FB: Mufli Sidoarjo

Ruko Gardin 20
Perum Kahuripan Nirwana Sidoarjo

Artikel Terbaru:

  1. Siapa Menebar, Akan Menuai
  2. Bejo Adalah Kelompok Belajar

Leave a Reply